Rekam Jejak di jejaring Sosial

http://

Rekam Jejak di jejaring Sosial

SULAIMAN,ST (KETUA IKA STT-GARUT)

Membaca tulisan Prof.Dr.Reinald Kasali, Guru besar universitas Indonesia, Pendiri rumah perubahan. dengan judul digital footprint, teknologi yang sedang dikembang di tiongkok, teknologi yang mencoba mengungkap social score para pengguna media social, kira kira bisa disimpulkan demikian.

Mencoba menggambarkan social score dengan postingan dan komen yang kita tulis setiap hari, sederhananya yang saya pahami bahwa, apabila setiap hari kita memproduksi kalimat negatif maka social score kita jadi rendah, artinya kita sedang berada pada titik terendah keadaban kita hubungan dengan orang lain, dan apabila social score bernilai positif, maka social score kita tinggi.

Tentunya bonus bagi yang selalu berbuat baik pasti ditambahin rizkynya oleh Alloh SWT. Kalau kita lakukan dgn pendekatan bahasa agama islam. Social score menjadi hukuman social terhadap individu tertentu yang menyebarkan hal hal negatif di media sosial. Pertanyaanya kenapa penggiat teknologi digital mencoba membuat digital footprint???

Sebelumya perlahan kita mengurai soalan digital footprint, kita mencoba melakukan pendekatan cerita dari kawanku…

Kawanku sebut saja namanya andra, dia mengatakan bahwa hampir setiap hari buka media sosial tapi aku tidak pernah komen dan like, hanya ingin melihat pesan inbox dari kawannya.

Lain lagi dengan cerita kawan kita, dana sebut saja namanya demikian, dana biasanya rajin komen dan like namun setahun terakhir katanya sangat jarang sekali membuka media sosial. Dari penggalan cerita tersebut kita bisa mengurai dari berbagai sudut pandang bagi pengguna media sosial, sebagai berikut :
1. menafsirkan kembali tujuan kita menggunakan media sosial, proses
penafsiran kembali tujuan ini akan memberikan dorongan motivasi terhadap manfaat yang akan kita raih di kemudian hari, misalkan berbisnis di fb, ig dan lainya, akan terdorong oleh hasil yang akan di raih.
2. Penggunaan medsos kerena memiliki Motivasi dan kemauan kuat dari Komunitas sosial yang memiliki aktifitas kerja nyata misalkan membantu fakir miskin dan lainya, kegiatan amal pengumpulan dana untuk pembangunan masjid dan lainya.
3.menggunakan media sosial untuk kepentingan positif lainya, sehingga memiliki semangat lebih dalam melakukan aktifitas sosial lainnya.

Dorongan untuk menafsirkan kembali tujuan bermedsos akan terasa penting untuk menjaga social score yang kita peroleh dimasa yang akan datang, bermedsos pada masa kini, kita akan berhadap hadapan dengan berita hoaks, sesungguhnya menuntun adrenalin kita pada ruang perdebatan kosong, tanpa value karena kebenaran di sembunyikan oleh penyebar hoaks.

Menulis di blog menuntun diri pada value.

Mungkinkah ada kejenuhan dari para pihak penggiat teknologi digital memaknai fenomena bermedsos, sehingga menciptakan digitalfootprint untuk menelusuri social score pengguna medsos, yang patut kita sanjungi bahwa teknologi ini setidaknya mampu mengisi ruang kosong yang jauh dari jangkaun regulasi negara misalkan UU ITE dll. Juga dapat meminimalisir kebenaran tersembunyi di medsos.

Blog gratis menjadi pilihan komunitas yang mencoba menuntun diri pada proses pencarian mendekatkan diri kepada value, mengungkap tabir ruang kosong yang menyembunyikan kebenaran, sehingga kita menjadi individu dan komunitas mempersiapkan diri untuk berselancar diruang kosong tanpa value dengan membawa ide gagasan perubahan dengan pendekatan yang sistematis dengan penajaman narasi – narasi berkualitas baik dan berkeadaban. Mari kita bermedsos untuk kebaikan.

wassalam

2 tanggapan untuk “Rekam Jejak di jejaring Sosial

  1. terima kasih bapak telah follow blog saya, izinkan saya meninggalkan jejak digital disini

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog Jalan Lurus

Hidup sebagai sumber belajar

ainsword

i write. yes, i do.

Kumpulan Tulisan Fikri

Membagikan isi pikiran tentang Islam, Teknologi, dan topik lainnya.

IKATAN ALUMNI BATA-BATA (IKABA)

ุฑุงุจุทุฉ ุฎุฑุฌูŠ ู…ุนู‡ุฏ ู…ู†ุจุน ุงู„ุนู„ูˆู… ุจุชุงุจุชุง

TheMostBeloved

The Most Beloved

Tarbawiyah

Menebar Hidayah Islam

Peluang Bisnis Moment

Peluang Bisnis Online Terbaru 2019

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close